Hipnoterapi – Definisi, Cara, Biaya, Manfaat, dan Pelatihannya


Home » Artikel Hipnotis dan Hipnoterapi » Hipnoterapi – Definisi, Cara, Biaya, Manfaat, dan Pelatihannya

Pada pengetahuan seputar ilmu hipnotisme, terdapat satu hal penting yang akan kita pelajari yaitu tentang apa itu hipnoterapi. Sebetulnya, hal terebut dapat dipelajari dan pastinya dipraktikkan oleh semua orang. Nah, perlu dicatat bahwa hipnotis sendiri tidaklah seperti yang ada dalam benak banyak orang, menganggap seseorang memiliki kemampuan dapat mengendalikan pikiran serta orang lain tanpa orang tersebut menyadarinya. Kalaupun ada hal seperti itu, pasti itu bukan hipnotis yang saya maksud. Apa yang terjadi dalam artikel ini adalah perlu ada izin serta kemauan dari si klien itu sendiri.

Kabar baiknya, dengan pesatnya perkembangan ilmu pengetahuan era modern seperti saat ini. Seorang ‘tukang‘ atau orang yang melakukan proses hipnotist dapat menggunakan berbagai macam teknik persuasi yang bisa digunakan untuk memanipulasi komunikasi seperti NLP, sehingga hal tersebut dapat membuat orang lain terbujuk agar MAU dikendalikan. Maka dari itu, artikel ini akan sedikit membahas tentang apa itu hipnoterapi dari sudut pandang praktisi.

Definisi Hipnoterapi

Memhami pengertian hipnoterapi atau definisnya merupakan salah satu yang wajib dipahami saat mempelajari sehingga dapat memahami esensi dari apa itu hipnoterapi. Hipnotherapy pastinya memiliki beberapa perbedaan jika dibanding hipnotisme yang kerap Anda saksikan di layar televisi.

Sebetulnya yang dimaksud istilah hipnoterapi ialah penggunaan keadaan terhipnotis untuk menyelesaikan masalah tertentu. Nah, semua hal dapat dilakukan saat seseorang dapat mengakses Pikiran Bawah Sadar mereka melalui proses hypno itu sendiri. Tujuan dilakukan hal ini jelas untuk proses mengatasi masalah-masalah pada psikologis yang terdapat pada perilaku individu atau mindset seseorang.

Tulisan ini menekankan bahwa materi pembelajaran mengenai psikologi perlu dipahami oleh seorang hipnotarapist, bahkan harus memahami secara mendalam. Seorang ahli hipnotherapi harus memahami betul cara kerja mengenai perilaku, pikiran, dan kepribadian. Memahami semua itu akan membuat proses terapi berjalan dengan benar dan baik.

Perlu Anda ketahui bahwa tujuan serta manfaat utama dari proses hipnoterapi ialah untuk membantu seseorang dengan cara melakukan terapi dalam keadaan terhipnosis kepada klien yang membutuhkan bantuan untuk mengatasi masalah pikiran mereka. Sehingga, kita sama-sama perlu memahami bahwa seseorang yang dengan keilmuan hipnotis belum tentu dapat disebut sebagai seorang hipnoterapis. Hipnoterapis adalah orang yang menguasai dan memahami hypnosis, lalu mereka belajar lebih lanjut mengenai teknik-teknik terapi tertentu yang berkaitan dengan pikiran.

Baca Juga List Klinik Hipnoterapi di Indonesia

Cara Hipnoterapi

Sebetulnya Anda tidak perlu bertanya mengenai langkah hipnoterapi, karena hal itu adalah sepenuhnya urusan terapist.

Seorang terapist akan memberitahu apa yang perlu Anda lakukan dalam proses hipnoterapi.

Jadi sebaiknya ikuti arahan dan instruksi dari terapist tersebut.

Agar proses terapi memiliki tingkat berhasil yang tinggi, kedua pihak yang berperan yaitu klien maupun terapis perlu sadar akan adanya kerjasama.

Klien harus benar-benar menyadari tujuan yang ia ingin capai dari terapi tersebut, selain itu seorang klien juga perlu sadar akan dirinya sendiri bahwa ia bisa berubah. T

erapis pada dasarnya berperan hanya sebagai fasilitator perubahan yang akan menjadi pembantu klien menuju perubahan diri tersebut.

Umumnya, untuk dapat melakukan proses terapi kepada seseorang, awalnya langkah pertama adalah sesi wawancara.

Fungsi dari wawancara ini ialah untuk mengetahui akar dari permasalahan yang dialami klien. Tujuannya tentu saja agar proses hipnoterapi dapat berjalan fokus mencapai tujuan awalnya.

Setelah itu klien akan diizinkan untuk melakukan sesi relaksasi sambil terapis mengatakan beberapa instruksi.

Terapis membantu membimbing seorang klien masuk pada dalam trance (kondisi ter-hipnosis), proses terapi baru akan dilakukan saat kondisi ini tercapai. Biasanya tekniknya menggunakan keilmuan yang dipelajari dalam kelas hipnoterapi.

Proses hipnoterapi sendiri biasanya berlangsung sekitar beberapa kali sesuai kebutuhan dan masalah klien, waktu yang dibutuhkan untuk satu sesi terapi sekitar 2 jam (bisa lebih, bisa kurang tergantung kondisi klien dan kebutuhan).

Langkah terakhir, hipnoterapis akan mengevaluasi proses terapi yang telah dilakukan bersama kliennya. Apabila masalah telah selesai, maka sesi dianggap selesai.

Namun, apabila ada permasalahan klien yang belum beres, maka akan disarankan pada sesi terapi berikutnya.

Manfaat Hipnoterapi

Setelah memahami apa itu hipnotherapi dari tulisan diatas mari kita bahas secara singkat tentang manfaat dari hipnoterapi untuk kehidupan kita.

Dibawah ini terdapat beberapa manfaat langsung yang sudah banyak dirasakan dan dapatkan orang-orang dari hipnoterapi.

Hipnoterapi Meningkatkan Rasa Percaya Diri

Manfaat pertama dari dalam hipnotherapi ialah dapat membangkitkan suatu motivasi atau dorongan dari dalam pikiran bawah sadar dan juga membantu seseorang mendongkrak rasa percaya dirinya.

Selain itu dengan manfaat ini, setiap klien yang diterapi akan mampu menghadapi hambatan diri masing-masing dari mereka seperti minder, atau dapat juga mental block yang mengganggu produktifitas seseorang.

Penerapan di bidang terapi kepercayaan diri ini sering dijumpai dalam seminar atau training yang dilakukan oleh trainier pemberdayaan diri.

Hal ini sama seperti rekan-rekan saya Eric Siregar dan Idrus Putra, mereka kerap diundang memberikan motivasi, training, bahkan membahas stress management untuk training korporasi.

Membersihkan Program Pikiran dan Emosi Negatif

Manfaat berikutnya dari hipnoterapi ialah membantu menyelesaikan serta meringankan pikiran negatif seseorang yang menjadikan kehidupan sangat tertekan.

Salah satu contohnya ialah saat seseorang memiliki beban terpendam yang sebetulnya berat dan tak mampu mereka tanggung.

Bisa dalam bentuk permasalahan pribadi maupun permasalahan keluarga. Dalam hal ini, hipnoterapi akan sangat membantu meringankan hal ini.

Membantu Mengatasi Psikosomatis

Selain itu, manfaat dari proses hipnotherapi juga ternyata dapat membantu proses penyembuhan gangguan diri yang disebut dengan psikosomatis.

Singkatnya, psikosomatis adalah sebuah bentuk “seolah” penyakit fisik namun sebetulnya berasal dari pikiran.

Penting agar dipahami bahwa sebetulnya penyakit ini paling banyak disebabkan oleh banyaknya stress dan tekanan yang bergejolak dalam pikiran manusia.

Proses hipnoterapi bisa membantu menggali akar permasalahan klien yang menstimulus penyebab psikosomatis ini. Sigmund Freud, dulu sering menggunakan hipnoterapi untuk megatasi masalah kliennya.

Hipnoterapi Untuk Mengatasi Masalah Seksual

Tiak hanya masalah pikiran tertentu, ternyata masalah-masalah seksual yang kerap dialami seseorang seperti Hipnoterapi Ejakulasi Dini, Masalah Ejakulasi Tertunda, Masalah Gairah yang berkurang, Frigiditas, dll sebagian besar justru disebatkan oleh ranah psikis / pikrian mereka sendiri.

Salah satu rekan saya mengambil fokus menyelesaikan masalah-masalah dalam bidang ini, apabila penasaran Anda kunjungi website beliau dengan klik link: Hypnosexology

Berhenti Merokok

Saya sendiri pernah menggunakan hipnoterapi ini untuk membantu seorang klien menghentikan kebiasaannya merokok. Mungkin sudah banyak yang berhasil menghentikan kebiasaannya dengan metode ini.

Hipnoterapi untuk berhenti merokok ini akan sangat sekali berbeda jika dibandingkan yang ada di Televisi. Terapi ini perlu proses, tentunya tidak dapat mengubah kebiasaan seseorang dalam jentikan jadi atau sekejap mata.

Hipnoterapi Diet / Menurunkan Berat Badan

Tidak hanya kecanduan merokok, dalam menurunkan berat badan pun tidak akan semudah itu menjelma menjadi kurus dan langsing seketika saat keluar dari ruang hipnoterapi.

Peran seorang terapis dalam menurunkan berat badan adalah menanamkan program pikiran dan mindset yang lebih baik agar klien termotivasi penurunan berat badan secara sehat dan benar.

Untuk Mengurangi Tekanan / Stress

Dalam kondisi hipnosis atau Trance, seseorang pasti memusatkan fokus mereka pada penyebab stressnya.

Dengan bantuan terapis, klien dapat terbantu merilis rasa beban yang mednalam yang membuatnya tertekan.

Bahkan seringkali, klien yang mengidap rasa cemas yang over, insomnia, depresi, patah hati, keseringan menunda pekerjaan, luka batin dan sebagainya, juga terbantu saat menggunakan hipnoterapi untuk menghentikan segala masalah tersebut.

Membantu Mengurangi Rasa Sakit / Nyeri

Mengutip dari ilmu kesehatan, kedokteran maupun keperawatan, istilah nyeri atau rasa sakit pada dasarnya hanyalah persepsi kita terhadap hal tersebut. Dan tentu saja persepsi sendiri berada pada pikiran. Maka itu adalah ranah empuk bagi seorang hipnoterapis.

Anda pasti pernah mendengar, saat ini banyak orang menggunakna teknik hypno untuk membantu proses persalinan (istilah kerennya hypnobirthing), bahkan saat operasi kecil, ada juga yang menggunakannya dalam proses sunat / khitan (sebagai pengganti anesthesi).

Apabila membahas ini, akan banyak sekali hal lainnya yang begitu panjang disebutkan. Yang paling penting saat ini adalah Anda mengerti tentang apa itu hipnotherapi, hal ini membuat Anda menjadi tidak salah paham tentang keilmuan ini. Pandangan buruk mengenai hipnoterapi harus diberantas karena ternyata manfaat dari ilmu ini justru sangat berguna, terutama untuk membantu mengatasi masalah-masalah psikologis seperti dalam kepribadian, emosi, pikiran dan tingkah laku.

Apabila Anda ingin mencoba hipnoterapi, saya dianjurkan agar mempertimbangan saat memilih terapis. Pastikan seorang hipnoterapis yang Anda pilih tersebut adalah orang yang professional di bidangnya, pastikan juga mereka memiliki jam praktik yang mumpuni.

~ Gun Abraham | The Dukun Curhat