Cara Belajar Hipnotis Untuk Pemula dari Nol Besar


Home » Artikel Hipnotis dan Hipnoterapi » Cara Belajar Hipnotis Untuk Pemula dari Nol Besar

Kamu lagi penasaran banget tentang belajar hipnotis, cara hipnotis orang, belajar hipnotis otodidak? Nah.. pas banget sampai di halaman ini. Halaman ini akan membahas tentang belajar cara menghipnotis orang, khusus untuk kamu yang benar-benar awam dan mulai dari NOL Besar!

Oke sebelumnya, selamat datang di website saya! Pastinya kamu belum kenal saya. Jadi, pertama-tama izinkan saya memperkenalkan diri saya terlebih dahulu.

Yah meskipun sebetulnya kamu bisa aja sih akses halaman profil, saya udah nulis tentang diri saya. Tapi gapapa, saya tulis lagi dikit aja di sini.

Eh… sebentar sebelum lari menuju materi, saya akan memberikan video yang pernah saya lakukan di panggung. Tujuannya biar tulisan ini valid, bukan mengada-ada, bukan ngaku-ngaku, bukan orang yang nulis tanpa pengetahuan..

Karena banyak artikel yang membahas tentang hipnotisme, tapi malah justru salah kaprah. Biasanya para penulis yang seperti itu hanya copy paste dan tulis ulang saja. Mereka belum tentu benar-benar praktisi.

Baiklah, ini dia dokumentasi jaman masih suka manggung dan jadi cowok panggilan:

Oke baik mari kita mulai.. Perkenalkan saya Gun Abraham, saya belajar hipnosis semenjak tahun 2012 lalu. Ya… udah lama banget pastinya.

Saya memulai langkah pertama adalah dengan belajar hipnotis otodidak. Tepatnya dengan membaca banyak ebook gratisan dan buku mengenai hipnosis. Mungkin seperti kamu sekarang yang lagi nongkrong di blog ini.

Maklum saat itu masih di bangku kuliah, kantong mahasiswa meronta-ronta kalau mau ikut pelatihan dari ahli hipnotis / workshoop yang pada saat itu masih jutaan. Saat itu masih belum ada pelatihan hipnoterapi online seperti sekarang ini.

Awalnya, saya pikir dengan membaca banyak buku akan bisa membuat saya cepat menguasai hipnosis itu sendiri. Padahal saya sudah membayangkan bagaimana cara menghipnotis orang agar menuruti perintah kita.

Fantasi saya berlanjut dan memikirkan cara hipnotis orang dari jauh, cara hipnotis orang dengan mata, cara menghipnotis orang agar jujur.

Ternyata saya salah, berminggu-minggu saya berkutat di buku-buku para ahli hipnotis tersebut. Tapi, giliran mau mau coba hipnotis orang… ehh ternyata gagal melulu.

Tapi, pada saat itu akhirnya saya bisa ikut langsung di kelas pelatihan hipnoterapi bersertifikat, semacam workshop gitu… Nah, disini saya akhirnya tau kenapa saat belajar cara hipnotis, saya selalu gagal. Nanti deh kita bahas lagi.

Biasanya ada beberapa hal yang sering ditanyakan sama orang-orang, ini nih seringnya:

Sulit Nggak Sih Belajar Cara Hipnotis Orang?

Bisa jadi gampang tapi bisa juga sulit, tergantung sih…

Gampangnya, untuk materi hipnosis western yang juga saya pelajari ini sudah terstruktur panduan dan kurikulumnya. Keilmuan dasarnya juga berupa kumpulan materi berbasis psikologi, komunikasi, dan pikiran manusia.

Jadi, ya belajarnya gampang… semua orang bisa, tinggal ngikutin kurikulumnya aja.
Sulitnya, nah ini… Salah satu kesulitan yang biasanya dihadapi oleh orang awam yang sedang belajar cara hipnotis dari nol adalah;

KONSISTENSI, PERCAYA DIRI, dan EVALUASI.
Jadi, hipnosis itu adalah sebuah skill yang perlu dilatih secara rutin, jadi memang perlu dilatih. Percaya dirimu sangat berpengaruh dalam poses hypnosis, dan kamu perlu banget ngelatih ini. Setelah itu kamu perlu sering mengevaluasi metode-metode yang kamu pakai dalam prosesnya.

Mulainya dari Mana?

Ini adalah pertanyaan yang menurut saya sangat penting. Karena banyak orang yang belajar hipnosis dengan dasar yang nggak kuat. Akhirnya, larinya ke hal-hal yang kurang cocok. Misalnya melakukan terapi tanpa pengetahuan yang cukup, membuka praktik sejenis perdukunan dan sebagainya.

Jadi, alangkah baiknya semua dimulai dari kamu membaca mengenai hal-hal seputar psikologi. Beneran buku psikologi, bukan akun instagram atau blog-blog yang membahas materi setengah-setengah. Oke? Rekomendasinya.. silahkan belajar teori Sigmund Freud tentang kejiwaan manusia.

Apakah Pakai Tenaga Dalam?

Nggak sama sekali. Yang kamu akan pelajari di belajar cara hipnotis bersama saya adalah Ilmu pengetahuan yang empiris, dan bisa dipelajari siapa saja. Kalau ada yang mengklaim seseorang mengajarkan hipnosis menggunakan tenaga dalam, maka silahkan tanyakan langsung pada mereka. Jangan ke saya…

Mantra Hipnotis itu Ada Nggak Sih?

Oooo jelas…. ada dong mantranya. Tapi, mantra di sini bukan mantra-mantra rapalan seperti mereka yang berada di bidang perdukunan. Mantra yang akan digunakan di sini adalah “komunikasi”, ya komunikasi. Komunikasi yang digunakan didasarkan pada teknik-teknik psikologis dan dengan tujuan tertentu.

Oke, sudah mulai terjawab ya pelan-pelan. Dari bawah ini, kita akan mulai belajar tentang materi pelatihan hipnotis. Yuk…

Materi Belajar Hipnotis

Orang Perlu Belajar Hipnotis. PLATINUM-hypnotist-hipnoterapi

Dalam mengikuti kelas belajar cara hipnosis, ada beberapa hal yang perlu dipahami. Hal-hal ini yang akan menjadikan kamu bisa melakukan hipnosis dengan lebih mudah dan terarah. Berikut adalah yang akan kamu pelajari di dalam pelatihan hipnotis. Saya akan sampaikan dengan jujur dan apa adanya saat belajar hipnotis.

Pahami Sejarah Hipnotis

Ngapain sih sejarah dipelajarin? Ya jelas, biar kamu paham ilmu ini dari mana. Biar nggak melenceng dari konsep dasarnya dong. Banyak orang yang belajar hypno, ternyata malah larinya ke perdukunan. Nah, itu kurang pas aja…

Bagian ini akan dipisah, karena mungkin akan panjang. Klik Tombol di Bawah Ini:

Mitos dan Fakta

Banyak orang awam yang masih belum memahami pandangan-pandangan yang salah seputar ini. Misal, orang dalam keadaan hypnosis itu dianggap tidur. Padahal kenyataannya orang dalam keadaan terhipnosis itu justru ia sadar. Ya iya, kalau dia tidur gimana mau dengerin sugestinya dong?

Ini dia kesalahpahaman mengenai hipnotisme di negeri tercinta ini, dulu aku juga sering mencari yang kalian cari, misalnya seperti ini:

a. Belajar Cara hipnotis orang agar menuruti perintah kita

Nih ya, saya jelasin. Orang yang dihipnotis itu tidak serta merta akan mau melakukan semua hal yang diminta oleh penghipnotis. Kecuali, hal tersebut tidak melanggar nilai dalam pikiran bawah sadar mereka.

Hal yang sangat tidak mungkin memerintahkan seseorang telanjang di depan umum, jika dia menanggap telanjang di depan umum itu melanggar nilai dan norma dalam pikiran bawah sadar mereka.

Oooh tapi yang di televisi itu bisa, yang di berita itu juga bisa…

Apa yang kamu lihat di televisi itu adalah acara hiburan, caranya adalah dengan memilih orang – orang yang mau melakukan hal konyol untuk menghibur orang lain. Ini biasanya dibahas mendalam di pelatihan hipnotis bersertifikat.

Untuk masalah berita di kriminal di televisi yang menganggap kriminal, harus banyak dikaji dan didalami kasusnya. Biasanya orang yang kena tipu mengaku kena hipnotis, orang yang dibius di jalan dibilang kena hipnotis.. dan sebagainya.

b. Belajar Cara hipnotis orang dengan mata

Nah, ini biasanya dijadikan alat marketing. Hipnotis lewat mata, tanpa kata-kata dan 100% berhasil, dan sebagainya. Nyatanya, hipnotis tidak lewat mata tapi lewat pikiran bawah sadar.

Mata digunakan sebagai alat dalam proses pre-induksi, atau tahap paling awal dalam 5 langkah cara hipnotis orang. Fungsinya untuk membua gerbang bawah sadar seseroang. Kita bahas nanti di bagian bawah ya…

c. Cara menghipnotis orang supaya tidur

Sudah dijelaskan di atas bukan? hipnotis itu bukan tidur. Sama sekali bukan, fenomena hipnotisme memang mirip tidur. Tapi itu bukan tidur seperti yang kita pikirkan, dan klien bisa bangun kapan saja tanpa kontrol seorang penghipnotist.

d. Cara menghipnotis orang agar jujur

Ini mungkin salah satu alasan kamu mampir di halaman saya, karena ingin menghipnotis orang agar jujur. Apakah bisa? Bisa dong… TAPI TIDAK SEMUDAH ITU FERGUSOOO…!!!

Kalau semudah itu, semua koruptor di negeri ini tidak butuh KPK. Cari saja orang yang mengaku PALING SAKTI dan AHLI HIPNOTIS di negeri ini. Kenapa mereka belum melakukannya?

e. Belajar Cara hipnotis Jarak Jauh

Proses hipnotis memang bisa dilakukan dari jarak jauh, namun hal ini tidak seperti yang terlihat di panggung. Kita bahkan bisa menerapkan cara-cara menghipnotis orang lewat WA.

Tapi untuk mencapai semua itu, kita juga harus paham konsep dasar dari hipnotisme itu sendiri. Mulai dari mana? Dari mempelajari mengenai konsep pikiran bawah sadar dan perilaku manusia tentunya.

Pikiran Bawah Sadar

Jangan buru-buru untuk ke langkah yang lebih tinggi. Pahami dulu mengenai pikiran bawah sadar manusia, baru ngomong soal hpnotisme.

Ini paling penting, karena semua proses hypno dijelaskan dalam materi ini. Kenapa seseorang bisa dipengaruhi, kenapa orang berbuat A B C D dan masih banyak lagi. Ini sudah dibahas di bagaian lain, klik saja tombol di bawah ini:

Sugesti Hipnotis dan Prinsip Dasarnya

Ini yang tadi saya sebut mantra. Sugesti itu juga ada aturannya biar bisa nyampe ke pikiran bawah sadar lawan bicara dengan baik. Jadi, kamu juga akan belajar gimana caranya menyusun sugesti.

Sugesti tidak bisa asal diucapkan, kalau ternyata sudah sugesti tapi pikiran bawah sadar orang tersebut tidak paham apa yang kita katakan maka percuma. Sugesti yang kamu berikan justru tidak sesuai dengan yang kamu harapkan.

Salah satu prinsip memberi sugesti adalah jelas atau tidak ambigu.

Misalnya “mulai besok, kamu rajin belajar”, kata BESOK itu masih ambigu. Kata besok akan direkam oleh pikiran bawah sadar orang tersebut dan akan membuatnya melakukan itu besok.

Tapi setelah hari besok datang, pikiran bawah sadarnya merekam “ooh kan besok, jadi bukan sekarang“. “Berarti besok aja rajinnya“. Dan itu akan terulang terus, besok, besok, besok dan besok.

Alih-alih menggunakan kata besok, lebih baik gunakan kata “mulai saat ini / sekarang dan seterusnya kamu rajin belajar”. Kata saat ini adalah kata yang pasti.

Itu baru baru salah satunya saja, masih banyak aturan lainnya. Tapi terlalu panjang sepertinya.

5 Langkah Belajar Cara Hipnotis Sendiri di Rumah

Bagian ini adalah langkah-langkah yang akan menjadi kunci kamu belajar cara hipnosis. Proses inilah yang dipelajari semua orang dalam pelatihan hipnoterapi bersertifikat.

Bahkan, tanpa harus belajar hipnotis di tempat kursus kamu juga bisa melakukan hipnotis. Asal menguasai 5 langkah ini.

a. Pre-Induksi

Pre-Induksi adalah langkah awal yang paling penting dan paling pertama dalam proses melakukan hipnotis. Apabila langkah ini berhasil, kemungkinan tingkat keberhasilan langkah berikutnya akan jauh lebih besar.

Mudahnya, tahap ini seperti tahap pedekate dalam hubungan. Moment penting untuk membangun kepercayaan dan figuritas. Kita harus jeli melihat apakah kepercayaan tersebut sudah terbangun dengan baik atau belum.

b. Induksi

Induksi adalah proses memindahkan pikiran sadar subjek menuju bawah sadarnya (disebut dengan trance). Inilah saatnya “NEMBAK” kalau dalam hubungan romansa.

Teknik ini bisa bermacam-macam, kamu mungkin sering melihat Uya Kuya menggunakan tissue, Romy Rafael menggunakan telepon, dan sebagainya.

Intinya ada dua teknik yang bisa digunakan, yaitu INDUKSI CEPAT dan INDUKSI BERTAHAP. Teknik yang dipakai di TV, panggung, dan acara hiburan lainnya biasanya menggunakan induksi CEPAT. Tentu ini berkaitan dengan durasi.

c. Deepening

Ini adalah proses membuat seseorang tetap bertahan dalam kondisi hipnosisnya, penghipnotis menjaga agar subjek tetap berada di area bawah sadar (trance).

d. Sugesti

Tidak perlu menjelaskan secara rumit mengenai sugesti. Pada dasarnya sugesti itu artinya SARAN. Udah… dalam hal ini artinya saran yang dimasukkan langsung di pikiran bawah sadar.

Namun agar saran yang diberikan masuk dengan baik dan mudah dipahami oleh bawah sadar, maka ada prinsip-prinsip tertentu yang bisa digunakan. Hal ini sudah disampaikan di bagian atas tadi.

e. Terminasi

Setelah proses hypnosis selesai, maka saatnya membangunkan klien dari kondisi trance nya. Proses membangunkan ini disebut dengan terminasi. Prinsipnya berkebalikan dengan deepening.

Biaya Belajar Hipnotis

Pada kepo nih pasti berapa sih biaya belajar hipnotis? iya kan? ngaku aja..

Rata-rata biaya belajar hipnotis untuk Fundamental adalah berkisar antara IDR 1.000.000 hingga IDR 2.500.000,-. Untuk kelas lanjutan / Advance biasanya IDR 2.200.000,- hingga IDR 5.000.000,-.

Sebetulnya tidak ada ketentuan yang menentukan standar biaya belajar hipnotis. Namun biasanya ada harga rata-rata pasar yang bisa dijadikan patokan.

Untuk mempelajari hipnotis dalam kelas dan workhsop, biasanya ada dua jenjang yaitu kelas Fundamental dan Kelas Advance. Biayanya juga berbeda.

Namun ada banyak juga yang lebih dari itu.

Baca Juga Artikel Hipnotis dan Hipnoterapi

Tempat Belajar Cara Hipnotis di Mana ya?

Saya biasanya memberikan pelatihan dalam bentuk offline atau tatap muka di kelas yang BERBAYAR, bisa juga online melalui kelas video, atau bisa juga secara privat one-on-one. Masing-masing belajar cara hipnotis tersebut memiliki kekurangan dan kelebihan.

Semua tergantung kebutuhan kamu dan kemampuan kamu memahami materi. Jadi kamu bisa tentukan metode belajar kamu sendiri, apakah akan ikut kelas privat, online atau ikut kelas public. Biayanya tentu saja akan berbeda…

Mau tau infonya? Klik aja tombol di bawah ini:

Semoga kami nggak lagi penasaran tentang materi belajar hipnotis, dan mulai bisa mempelajari sendiri cara hipnotis orang. Jadi intinya belajar hipnotis otodidak itu bisa dilakukan. Tapi ada banyak pengorbanan waktu, tenaga, kegagalan, dan tentu materi untuk membeli sumbernya. Asal mau rajin baca, evaluasi, dan praktik, kamu pasti bisa.