5 Cara Melupakan Mantan dengan Cepat dan Efektif ala Dukun Curhat


Home » Romansa » 5 Cara Melupakan Mantan dengan Cepat dan Efektif ala Dukun Curhat

Hai galauerss yang sekarang lagi mencari tips dan cara melupakan mantan. Sudah ketemu tipsnya? Kalau belum, yuk baca ini.

Dalam sebuah hubungan pasti ada 2 probabilitas hasil untuk hal tersebut, kalau bukan hasilnya berhasil dan langgeng ya berarti hasilnya gagal dan harus berakhir.

Apabila hubungan berhasil maka pastinya tidak cukup sampai di sana, ada hal-hal yang perlu dilakukan untuk dirawat. Mungkin salah satu dari kamu yang membaca tulisan ini adalah orang-orang yang sudah lama berhubungan, namun harus kandas. Penyebabnya jelas, terlena dengan kenyamanan hubungan sehingga berakhir kacau.

Oke tapi kita tidak akan membahas topik memelihara hubungan, kali ini kita akan membahas bagaimana cara melupakan mantan dengan cepat dan efektif.

Sebelum membahas lebih jauh mengenai cara dan teknik, aku pengen kamu mengenali dirimu terlebih dahulu. Kamu termasuk tipe yang mana kira-kira?

  • Pengen move on, tidak tahu caranya, dan bingung mulai dari mana.
  • Pengen move on, tidak tahu caranya, sudah berusaha tapi kacau hasilnya.
  • Pengen move on, tahu caranya, tapi malas melakukan malah denial dan ngeles melulu.
  • Pengen move on, tahu caranya, sudah melakukan tapi hasilnya nihil.

Sudah, jadi kamu termasuk tipe yang mana? tidak ada yang salah dari semua itu. Hanya saja, dengan memahami itu, maka kamu tahu sampai mana usaha kamu.

Oke, ada 3 hal yang perlu kamu perhatikan mengenai cara melupakan mantan

Baca juga: Cemburu Bukan Bukti Cinta

Mindset Dasar Cara Melupakan Mantan

Jadi begini, kita ini sebagai manusia memiliki suatu sistem kompleks memori. Letaknya ada di dalam otak, syaraf dan segala macamnya. Sistemnya amat sangat kompleks, mungkin kalau dijelaskan disini akan membosankan dan membuat mu malas membaca.

Mari dipersingkat saja ya… intinya begini prinsip dasar cara kerja pikiran:

Otak manusia sama sekali bukan didesain untuk menghapus kenangan

Kalau kamu ditanya, guru SD kamu yang paling galak apakah masih ingat? Atau kamu punya nggak kenangan yang paling berkesan (maksud kesan bisa memalukan, menyenangkan, menyedihkan, dll) saat kamu masih kecil?

Itu adalah memori lama yang sudah pernah kamu lewati, lalu kenapa kamu masih bisa mengingatnya? karena memang kita tidak didesain untuk menghapus memori atau kenangan.

Semua yang kita lewati akan tersimpan rapi bersama dengan memori dan kenangan yang lain, nah otak kita ini ajaib sekali. Ia bisa memilih dan memilah mana memori yang bisa diakses dengan mudah dan mana memori yang tidak bisa diakses dengan mudah.

Kenangan kita ibarat buku perpustakaan, semua buku tertata rapi sesuai kategori dan pilihannya. Buku yang terbaru dan paling banyak dicari biasa ditaruh di depan agar mudah diakses. Memori kita juga bergitu.

Kenangan kita akan ditata oleh otak kita dan ditaruh di tempat yang mudah diakses, sehingga mereka mudah sekali muncul. Kenangan yang memiliki nilai emosional yang tinggi (berkesan) dan paling baru akan dianggap penting, sehingga ditaruh di tempat paling depan.

Sedangkan kenangan yang biasa-biasa saja menurut otak kita tidak dianggap penting, sehingga diletakkan di belakang dan bukan bagian utama. Mereka tidak hilang, hanya tenggelam… kita bisa mengaksesnya lagi meskipun sulit.

Jadi, wajar saja bukan kamu mudah mengingat hal yang paling emosional dan berkesan. Duh, jadi gimana dong cara melupakan mantan? Sabar ya….

Saat kita mencari berbagai cara melupakan mantan, maka kita justru akan ingat

Nah bagian ini juga seru dan penting, karena saat kamu berusaha keras melakukan berbagai cara melupakan mantan malah akan mendapat hasil sebaliknya. Benar.. kamu akan semakin ingat pada mantan.

Proses melupakan seharunya bukan dengan berusaha keras melupakan, karena saat kamu fokus melupakan seseorang maka saat itu juga kamu fokus mengingat tentang orang tersebut.

Coba sekarang lakukan eksperimen ini menggunakan pikiran kamu, lakukan perintahnya sebisa mungkin. Nanti saya akan jelaskan.

SAAT INI, KAMU DILARANG MEMBAYANGKAN GAJAH BERWARNA PINK!

POKOKNYA, KAMU JANGAN BAYANGKAN GAJAH BERWARNA PINK SAAT INI!

Nah.. gimana, apakah justru muncul gajah berwarna pink dalam imajinasi pikiranmu? Tentu saja. Begitulah cara kerjanya. Pikiran kita tidak dapat menghapus memori sebelum memunculkannya.

Mulai sekarang, berhentilah mencari cara melupakan mantan. Seberapapun keras kamu fokus melupakan justru akan membuatmu ingat lebih lama.

SUDAH SUDAH, LUPAKAN SAJA GAJAH WARNA PINK YANG BARUSAN ITU.

Nah, ini juga penting.

Setelah kamu lupa sesaat mengenai gajah yang nggak jelas tadi. Aku berikan kamu satu perintah lagi yaitu perintah untuk melupakan gajahnya… apakah justru kamu kembali mengingatnya?

Yes… begitulah cara kerjanya. Nangkep ya?

Balas dendam akan membuatmu semakin sulit melakukan proses ini

“Aku ikhlas kok, biar nanti tuhan yang membalas”

Hmm.. berusaha untuk terlihat nggak dendam sih, tapi faktanya kamu ingin pembalasan. Itu sangat amat tidak baik dalam proses ini. Percuma saja kamu cari beribu cara melupakan mantan, kalau kamu masih terjebak dalam dendam.

Maafkan apapun yang sudah terjadi, berhenti hidup di masa lalu, hal yang baru menunggu kamu di depan. Hal ini akan sangat membantu kamu melangkah dengan ringan, melepaskan hal-hal yang membebani. Tentu saja sangat membantu dalam proses move on.

Sebetulnya apabila dibilang cara melupakan mantan itu agak kurang pas sih, karena barusan telah kita bahas bahwa sebetulnya kita tidak bisa melupakan kenangan. Tapi tenang, kita bisa menguburnya kok.

5 Langkah Melupakan Mantan

Tanpa basa basi lagi, mari kita bahas 7 cara melupakan mantan. Pakai proses ya, jangan mau instant.

1. Terima Kenyataan

Kalau kalian udah putus dan dia memang nggak mau lagi ya udah, nggak usah maksa. Kenyataanya kalian tidak bisa bersama. Kalian boleh berjuang, kalian boleh berusaha tapi kalian juga perlu tahu mana yang “PANTAS” untuk diperjuangkan.

Pun jika kamu tetap memaksanya untuk bersamamu, apakah menurutmu dengan paksaan itu dia akan nyaman? apakah kalau kamu juga dipaksa untuk bersama seseorang yang kamu tidak mau akan nyaman?

2. Memaafkan

Wah ini sulit, lebih sulit mengatakan daripada melakukannya. Memaafkan itu ada banyak hal yang perlu diperhatikan. Ada banyak pencetus yang menyebabkan kamu marah.

Biasanya dalam hubungan, yang membuat seseorang menjadi kurang baik saat hubungan berakhir adalah.

  • Janji yang tidak ditepati.
    Apabila memang sudah putus, ya sudah. Artinya janji mereka tidak perlu lagi ditepati, artinya memang janji tersebut sudah dilanggar. Tidak perlu dituntut lagi, relakan janjinya… ingat bahwa tidak semua orang mampu mewujudkan janjinya, dan tidak semua janji dapat terwujud.
  • Putus karena orang ketiga.
    Apabila dia melakukan kecurangan atau perselingkuhan karena pihak ketiga, maka kamu pasti akan menyalahkan mereka berdua. Entah kamu anggap pihak ketiga itu yang merebut, atau mantan pasanganmu yang salah karena selingkuh.
    Intinya, entah siapapun yang salah. Tidak menutup kemungkinan kamu juga berperan menjadi penyebab perselingkuhan.
  • Menunggu penjelasan.
    Ada orang-orang menyebalkan yang sering putus dengan seenaknya bilang “kamu terlalu baik buat aku, kamu berubah, dan sebagainya”. Memang alasan itu adalah alasan klise dan basi banget. Kalau ada alasan seperti itu saat di mengakhiri hubungan maka ANGGAP SAJA itu hanyalah alasan yang dibuat-buat, ya karena dia emang pingin putus saja. Stop sampai disitu, tidak perlu mencari alasan yang sesungguhnya.

3. Fokus pada Diri Sendiri

Berbagai cara melupakan mantan di ratusan website mungkin sudah kamu baca, tapi aku yakin 100% tidak akan bekerja dengan baik kalau fokusmu masih di bagian ini:

  • Membuat dia menyesal
  • Membuat dia terkesan
  • Mencari informasi tentang pasangannya yang baru
  • Sibuk membahasnya terus menerus bersama teman
  • STALKING!

Semua hal itu akan membuatmu semakin terpuruk dalam proses ini. Lebih baik kamu fokuskan energimu pada hal-hal tentang dirimu seperti:

  • Mengevaluasi kembali diri sendiri
  • Memperbaiki diri dengan berbagai hal seperti olah raga, menambah skill, dan sebagainya
  • Kumpullah dengan orang yang positive vibes, yang support kamu.
  • Cari kembali hobi yang menyenangkan
  • Travelling ke tempat-tempat yang kamu ingin kunjungi
  • Cari banyak kuliner baru yang akan menyenangkan dirimu
  • Stop Stalking

Apabila kamu fokus pada hal-hal terseut di atas, kamu akan lebih mudah move on dan bangkit kembali.

4. Putus Koneksi Sementara

Pernah dengar kata-kata “Dih, putus pakai block segala.. kaya anak kecil”?

Percayalah, mereka pasti tidak mengalami apa yang kamu alami. Kata-kata itu bukan termasuk orang yang support kamu untuk sembuh. Lebih baik kamu block sementara akses dirimu sendiri pada mantan pasangan kamu sampai kamu benar-benar sudah bahagia dengan dirimu sendiri.

Setelah kamu atau dia punya pasangan masing-masing atau perasaanmu sudah netral, maka silahkan buka kembali. Kamu siap untuk komunikasi dengannya lagi.

5. Punya Teman Berbagi

Wooow… ternyata udah lebih dari 1000 kata tulisan tentang cara melupakan mantan ini. Sebetulnya masih banyak cara yang lain yang bisa dilakukan. Tapi, sepertinya melelahkan menulis lebih panjang lagi.

Oh iya, kamu juga bisa curhat tentang masalahmu secara gratis di: [KOTAK CURHAT]