Cara Ikhlas Menghadapi Suami Selingkuh, Ini yang Bisa Kamu Lakukan

Home » Romansa » Cara Ikhlas Menghadapi Suami Selingkuh, Ini yang Bisa Kamu Lakukan

Sedang mencari Cara Ikhlas Menghadapi Suami Selingkuh? Pada tulisan ini saya bakalan kasih kamu tips untuk melakukan ini. Ada banyak pilihan metode yang bisa kamu lakukan. Baik dengan bantuan professional maupun dilakukan sendiri.

Memang, perselingkuhan merupakan hal yang bisa saja terjadi dalam hubungan romansa ( pernikahan maupun pacaran ). Hal ini dapat disebabkan oleh berbagai macam alasan, entah karena hubungan rusak maupun memang salah pilih pasangan.

Memang sulit untuk ikhlas menghadapi suami selingkuh. Tapi perlu dipahami bahwa dampak dari perselingkuhan sendiri bisa sangat luas, dari hancurnya rumah tangga dan dapat menyebabkan trauma berkepanjangan sehingga melahirkan Trust Issue di masa depan.

Apabila hal-hal tersebut sudah terjadi maka akan lebih sulit dalam mengobatinya. Meskipun saat ini sudah banyak layanan psikologi online, namun pastinya tidak semua orang familiar dengan layanan tersebut.

Tulisan tentang cara ikhlas menghadapi suami selingkuh ini hadir untuk memfasilitasi kamu yang saat ini menghadapi masalah smacam ini. Semoga bisa membantu kamu menghadapi keadaan sulit saat ini.

Kalau kamu merasa bingung menghadapi mau bercerita kemana, maka kamu bisa gunakan layanan curhat gratis di halaman saya. Dan saya akan menjawabnya melalui postingan di blog. Tenang privasi identitas Anda aman.

Kunjungi: Curhat Gratis

Sebelum masuk pada point utama Cara Ikhlas Menghadapi Suami Selingkuh, ada satu hal yang perlu kamu lakukan bersama pasangan kamu. Yaitu adalah mendefinisikan selingkuh itu apa.

Kalian berdua perlu sepakat mengenai pengertian selingkuh dan batasan-batasannya. Misal, menurutmu jalan dengan lawan jenis artinya selingkuh tapi ternyata menurut dia bukan selingkuh.

Sudah jelas, hal tersebut menjadi kerancuan dan keributan yang berujung pada pertengkaran sia-sia. Solusinya sepakati dulu, selingkuh itu apa dan batasan-batasannya.

Setelah kamu sepakat mengenai perselingkuhan dan batasannya, baru selanjutnya dibahas secara teknis tentang cara-caraya. Berikut berbagai tips dan caranya:

Ikhlas Menghadapi Suami Selingkuh dengan Bantuan Profesional

Datanglah ke ahli yang sudah berpengalaman untuk menghadapi kenangan buruk seperti ini, ahli-ahli tersebut biasanya adalah Konselor rumah tangga, Psikolog, Hipnoterapis dan sebagainya.

Mereka akan membantu Anda untuk menetralisir pengalaman buruk yang menimpa Anda dengan profesional.

Ikhlas Menghadapi Suami Selingkuh dengan Melepaskan Luka

Perasaan terluka dan tersayat pastinya akan muncul saat menghadapi masalah ini dengan pasangan kamu. Namun cobalah untuk tidak memendam perasaan itu sendiri, memendam perasaan negatif terlalu lama bisa menjadikan bom waktu di masa depan.

Metode ini adalah salah satu cara ikhlas menghadapi pasangan selingkuh secara gratis dan tidak perlu orang lain untuk terlibat.

Tidak hanya itu, terlalu banyak memendam perasaan negatif juga dapat menghadirkan berbagai macam penyakit yang diakibatkan oleh psikosomatis. Maksudnya adalah penyakit-penyakit yang awalnya berasal dari mental.

Ceritakanlah masalah pada orang yang netral dan bisa memberi solusi, jangan ceritakan masalah ini pada teman kamu yang lawan jenis. Karena justru akan memperburuk keadaan kamu sendiri.

Menangis Jika Perlu

Menangis juga bukan hal yang buruk, dalam kondisi tertentu menangis adalah hal yang membantu proses pelepasan emosi negatif dalam diri kamu. Dalam psikologi sering disebut dengan katarsis.

Menangislah dan sedihlah hingga waktu yang kamu tentukan, sehingga kamu tidak perlu larut dalam kedaan sedih tersebut. Carilah arti dari tangisanmu tersebut.

Apakah kamu menangis untuk hubungan kamu rusak, tangisan untuk kejahatan pasanganmu, tangisan untuk dirimu yang tidak teliti, atau tangisan untuk apa?

Menerima Kenyataan dan Memaafkan

Fakta dan kenyataan hidup memanglah begitu, hidup tidak selalu berjalan mulus. Semakin kamu menolak kenyataan, semakin kamu sulit memaafkan.

Salah satu cara ikhlas menghadapi suami selingkuh adalah dengan menerima kenyataan bahwa hal itu terjadi, terima kenyataan bahwa ada rasa sakit yang harus kamu hadapi.

Apapun yang kamu lakukan untuk mengelak dari kenyataan, fakta dan kenyataannya ya seperti itu. Semua hal tidak berjalan sesuai keinginanmu.

Komunikasikan, Jangan Pura-Pura Tidak Tahu

Apabila kamu merasa bahwa dia selingkuh tapi belum punya bukti, carilah buktinya. Setelah ada bukti, maka komunikasikan apa yang terjadi.

Tanyakanlah padanya kenapa ini terjadi, apa yang membuatnya bersama orang lain. Lihatlah apa yang terjadi, apakah dia akan menanggapinya dengan serius.

Apakah dia akan terus berbohong dan menutupi, atau justru menyesali perbuatannya. Hal ini dapat membuka matamu untuk mempertimbangkan langkah selanjutnya.

Ambil Waktu Sendiri

Carilah waktu untuk menyendiri, dalam kesendirian itu bertanyalah kepada dirimu sendiri bahwa apakah hubungan ini masih berharga untuk diteruskan.

Ada beberapa orang seperti saya yang memang tidak akan memaafkan kejadian perselingkuhan. Terutama definisi perselingkuhan yang sudah sama-sama disepakati sebelumnya. Karena menurut saya selingkuh itu candu, sekali dia melakukan dia pasti ketagihan.

Namun apabila kamu tipe yang berbeda dari saya, kamu boleh saja berpikir dengan cara yang lain. Misalkan dengan memberikan kesempatan kedua.

Dengan menyendiri, kamu lebih bisa menjernihkan pikiranmu. Keputusan yang kamu ambilpun bisa lebih tenang.

Ikhlas Menghadapi Suami Selingkuh dengan Membuka Lembaran Baru

Lembaran baru di sini bisa berarti dua hal, yang pertama tetap menjalin hubungan berhubungan dia atau mengakhiri hubungan kamu dengannya.

Apabila kamu memutuskan untuk melanjutkan hubungan, maka pastikan bahwa semua sakit hati mu selesai. Dengan begitu kamu bisa membuka lembaran baru dengan prinsip dan keadaan mental yang berbeda.

Namun, apabila kamu memutuskan untuk mengakhiri hubungan maka pastikan kamu tidak membawa sakit hatimu di langkah berikutnya. Tinggalkan sakit hatimu bersama hubungan yang berakhir tersebut, karena jika tidak maka itu akan mengganggu hubungan baru kamu di masa depan.

Fokus melihat saat ini dan masa depan adalah kunci dari bagian ini. Jangan kembali dan terus melihat masa lalu. Ingat, spion motor dan mobil dibuat lebih kecil untuk melihat ke belakang dengan SEPERLUNYA.

Introspeksi dan Memperbaiki Diri

Satu kalimat ini memang mudah dikatakan, tapi sangat sulit untuk dilakukan. Intropspeksi artinya meninjau kembali diri kalian masing-masing. Bisa juga meninjau kembali hubungan kalian.

Mungkin saja ternyata perselingkuhan pasanganmu terjadi karena kamu memang seenaknya sendiri, terlalu posesif, terlalu membosankan, atau kurangnya obrolan intim. Atau memang hubungan ini sudah terlalu toxic. Dalam hal ini pasangan kamu juga perlu introspeksi diri tuh.

Langkah terakhir yaitu memperbaiki diri. Ini sebetulnya adalah kalimat ambigu yang artinya belum jelas. Maka kamu perlu memperjelas hal ini dan memberi target-target spesifik.

Banyak orang yang ingin “memperbaiki diri” tapi tidak tahu apa yang akan diperbaiki. Berikut adalah cara memperbaiki diri yang lebih efektif:

  1. Tentukan apa yang ingin diperbaiki
  2. Bagaimana langkah atau cara memperbaikinya
  3. Kapan hal itu bisa diperbaiki
  4. Sesuatu dikatakan tidak baik dan baik itu seperti apa

Contoh: Saya inign memperbaiki cara saya berkomunikasi, caranya adalah membenahi cara saya menyapa pasangan saya mulai dari sekarang. Dulu saya selalu kasar saat menyapa pasangan, saya sudah baik kalau sudah bisa halus secara konisten..

Paham kan? Tinggal dilakukan… itu lah lebih sulit lagi…

Itulah tadi beberapa tips cara ikhlas menghadapi suami selingkuh. Semoga membantu membuka wawasan kamu dalam hubunga romansa kamu. Sampai jumpa di artikel berikutnya.. Silahkan follow instagram saya @gun_abraham