Suami Tak Peduli Perasaan Istri? Cek, Apa Karena Salah Satu Alasan Ini

Home » Romansa » Suami Tak Peduli Perasaan Istri? Cek, Apa Karena Salah Satu Alasan Ini

Orang-orang yang mencari artikel tentang suami tak peduli perasaan istri ini biasanya ada dua golongan.

Pertama adalah pasangan yang masih baru dan belum siap menerima perubahan sikap pasangan, kedua adalah mereka yang berada dalam masa krisis pernikahan.

Jadi, kamu yang mana ini? hehe..

Oke baiklah, gini ya… manusia itu diciptakan berbeda, sayangnya kadang kita menginginkan pasangan menjadi seperti apa yang kita mau. Pasangan yang tidak berperilaku seperti apa yang KAMU inginkan, belum tentu ia masuk dalam kategori suami tak peduli perasaan istri.

Hal itu bisa terjadi, asal ada kesepakatan dan kemauan dari dua belah pihak. Kesepakatan dana kemauan bisa dicapai dengan satu hal penting yang namanya KOMUNIKASI.

Maka penting untuk memberitahukan bahwa kamu merasa tidak dipedulikan. Lalu ungkapkanlah untuk merasa dipedulikan itu caranya bagaimana. Itu adalah langkah awal untuk membuka pintu penyelesaian masalah.

Alasan Seolah Suami Tak Peduli Perasaan Isteri

Ternyata, penting juga untuk mengetahui apakah suami tak peduli perasaan istri ini benar adanya atau hanya presepsi satu pihak dari sang istri. Caranya adalah dengan meraba berbagai kemungkinan.

Beberapa kemungkinan yang bisa muncul adalah sebagai berikut:

Beda Bahasa Cinta

Pernah dengar tentang bahasa cinta? kalau belum maka sayang sekali. Tentunya karena tidak dibahas di artikel ini. Akan dibahas di bagian lainnya ya…

Intinya adalah, ada beberapa cara orang mengungkapkan rasa cintanya pada pasangan. Setiap orang biasanya memiliki kecenderungannya sendiri, dan itu beda-beda. Kalau suami memiliki bahasa cinta yang beda darimu, bukan berarti suami tak peduli perasan istri.

Contohnya gini, misal bahasa cintamu ini adalah kata-kata yaitu kamu suka banget dikasih kata-kata atau ditanya “lagi dimana“, dikasih ucapan “I love you“, diajak ngobrol, atau suka banget deep talk. Sedangkan pasangan kamu ini tipe yang sukanya sentuhan, doi sukanya meluk, ngelus dan sebagainya.

Saat dia mengungkapkan bahasa cinta yang sesuai dengan dirinya, ternyata itu nggak cocok sama kamu. Maka yang terjadi kamu tetap merasa tidak dicintai. Begitu juga sebaliknya.

Sebelum men-judge, sebaiknya cek bahasa cinta kalian berdua.

Memang Dasar Cuek

Banyak pria yang memang terdidik oleh lingkungan untuk tidak ekspresif terhadap perasaannya. Jumlahnya bahkan lebih banyak dari wanita.

Beda dengan wanita yang kebanyakan dapat dengan mudah mengekspresikan perasaannya. Pira lebih sering memendam apa yang mereka rasakan.

Kerap kali bukan karena suami tak peduli, malah justru karena mereka bingung memberikan ekspresi rasa sayang pada pasangannya.

Sibuk dengan Kerjaan

Cek juga apakah akhir-akhir ini dia sibuk dengan pekerjaannya atau projek yang sedang ia kerjakan. Jika ya, maka biarkanlah. Apa yang ia lakukan itu pasti ujung-ujungnya untuk kamu.

Yang perlu kamu lakukan ialah mendukungnya, memberinya semangat mencapai tujuan. Jangan membuat ia merasa bingung dengan caramu.

Saat fokusnya terpecah dan pekerjaannya berantakan, atau berujung di berakhir karirnya maka yang akan marah kamu juga.

Fokus kerjaan salah, nggak punya kerjaan dan fokusnya hanya ke kamu juga salah. Kan susah…

Suami Tak Peduli karena Orang ke Tiga

Bagian ini agak kurang enak sih. Tidak dapat dipungkiri bahwa orang ketiga ini juga bisa menjadi alasan kenapa suami tak peduli perasaan istri.

Sayangnya memang hal ini sulit dibuktikan, tapi untuk kamu yang sudah mengalami hal ini maka bersabarlah. Berpikirlah dengan jernih pada solusi yang terbaik yang bisa diambil.

Tips Cara Atasi Suami Tak Peduli

Nggak cuma bahas soal alasan atau penyebabnya, tapi saya juga mau ngasih sudut pandang biar kamu bisa buka pikiran. Sehingga apa yang kamu keluhkan selama ini menjadi tidak terasa sangat berat.

Saya paham, hubungan berpasangan itu memang melelahkan. Tidak seindah saat melihat gaun megah dan pesta pernikahan orang lain. Namun begitulah, keputusan sudah diambil.

Kalau kamu merasa butuh media untuk mengungkapkan perasaanmu, kamu boleh pakai platform curhat gratis saya.

Klik: Tempat Curhat Gratis

Oke, to the point aja. Ini dia beberapa tips untuk kamu:

Cek Bahasa Cinta

Coba cek kembali bahasa cinta kamu dan dia, kalau memang bahasa cinta kalian sama harusnya tidak ada masalah dalam hubungan.

Perhatikanlah cara dia menyayangimu, perhatikanlah cara dia menyayangi ibunya atau keluarganya. Bahasa cinta seperti apa yang sering ia berikan pada orang tersayangnya.

Kemudian pahami dirimu sendiri, bagaimana cara kamu menyayangi seseorang. Apakah sama dengan dia atau tidak.

Apabila memang bahasa cinta kalian berbeda maka pahamilah kedaan ini, setelah itu berikan pemahaman padanya bahwa ada hal berbeda dalam cara menunjukkan rasa cinta. Minta maaflah padanya karena sudah menganggap suami tak peduli perasaan istri.

Berpikir Positif

Berpikir positif bisa membantumu meredakan rasa kesal karena kamu merasa tidak dipedulikan olehya. Salah satu kelebihan manusia ialah dapat memilih makna secara bebas terhadap apapun yang terjadi pada dirinya.

Beda dengan mahluk lain, kita diberi kebebasan untuk itu. Seekor kambing tidak bisa memberikan respon lebih banyak atas kejadian yang terjadi pada dirinya.

Apabila seekor kambing dilempar batu, maka coba pikirkan berapa pilihan respon yang mampu dia berikan. Paling hanya menubruk, lari, teriak embeek atau diam saja. Namun apabila kamu yang dilempar batu, berapa respon yang bisa kamu pilih coba?

Ada banyak kan? Kamu bisa diam saja, bisa menghindar, bisa lari, bisa minta tolong, bisa membalas, bisa mendoakan agar dia taubat, dan banyak lagi pilihan lainnya. Jadi saat kamu berpikir suami tak peduli perasaan istri, cobalah pilih pikiran yang positif.

Berpikir Negatif

Lho kok malah berpikir negatif sih? katanya tadi berpikir positif

Maksudnya begini, kalau kamu memang curiga pada suami bahwa dia menyimpan rasa pada orang lain maka itu boleh saja. Curiga itu sah-sah saja.

Namun, kecurigaan ini haruslah memiliki landasan yang kuat.

Katakan bahwa Suami Tak Peduli

Katakanlah padanya bahwa kamu merasa tidak dipedulikan. Cobalah cari waktu yang tepat dan enak untuk berbicara hal ini. Karena jika tidak, justru akan menimbulkan keributan yang tidak perlu.

Bagaimanapun juga, pasangan kamu bukanlah dukun sakti yang bisa membaca pikiranmu setiap hari. Komunikasikan dan ungkapkan apa yang kamu rasakan, dengan itu kamu juga bisa menemukan jalan keluar bersama.

Dalam sebuah sesi konseling yang pernah saya lakukan, ada sebuah kejadian unik. Pasangan yang menikah menceritakan tentang kehidupan rumah tangga mereka. Mereka merasa bahwa ruma tangganya sudah hancur berantakan.

Satu persatu menceritakan masalahnya, sang suami menceritakan bahwa dia tidak pernah dimengerti oleh istrinya. Istrinya juga mengatakan hal yang sama. Lalu setelah beberapa jam sesi obrolan, sebuah pertanyaan sepele saya lontarkan pada masing-masing orang tersebut.

Saya: “Apa yang bapak inginkan dan tidak didapatkan?

Si Bapak: “Saya itu hanya ingin saat saya pulang kerja, istri saya menyediakan teh hangat dan ada yang bukain pintu

Saya: “Oke, Kalau Ibu bagaimana.. kenapa ibu merasa suami tak peduli perasaan istri?

Si Ibu: “Saya ini tidak pernah sama sekali dipekuk dan dicium kening saat suami berangkat kerja dan pulang kerja!”

Saya: “Sudah…? Hanya itu Saja? Sekarang masing-masing sudah tau apa yang perlu dilakukan, lalu apakah Bapak dan Ibu bersedia memenuhi keinginan masing-masing?

Yah begitulah, kemudian mereka menangis bersama dan berpelukan. Lihatlah bagaimana komunikasi bisa memberikan efek yang luar biasa pada hubungan yang “dianggap” sudah berantakan. Oke jadi sekian pembahasan tentang topik suami tak peduli perasaan istri. Semoga memberikan wawasan baru untuk kamu, jangan lupa follow instagram : @gun_abraham