Cara Agar Tidak Terlalu Mencintai Seseorang Secara Berlebihan

Home » Romansa » Cara Agar Tidak Terlalu Mencintai Seseorang Secara Berlebihan

Cinta itu hal yang Indah, tapi kalau TERLALU MENCINTAI SESEORANG SECARA BERLEBIHAN itu hal yang berbeda untuk dibahas. Karena pada dasarnya “berlebihan” itu hal yang subjektif dan tidak ada alat ukurnya.

Bagaimana seseorang dapat dikatakan terlalu mencintai seseorang secara berlebihan atau tidak. Tidak ada standar yang bisa digunakan secara baku. Maka dari itu, tulisa ini akan memberikan kamu sudut pandang untuk membatasi hal tersebut.

Tentunya standar yang dipakai dalam menilai terlalu mencintai seseorang ini – berlebihan atau tidak – bagi saya sebagai penulis tidak akan sama persis dengan apa yang kamu anggap berlebihan. Maka dari itu silahkan padang tulisan ini sebagai referensi, bukan sebagai kebenaran.

Mari sepakati terlebih dahulu bahwa seseorang yang dimaksud disini adalah pasangan yang sudah menikah maupun yang belum menikah. Karena jika seseorang yang dimaksud di sini adalah anak atau orang tua, maka akan menjadi berbeda.

Jika ditimbang antara kebaikan dan kekurangan, Terlalu Mencintai Seseorang malah justru akan lebih banyak kekurangan. Karena hal tersebut dapat membuat hidup tidak tenang, stress, galau, dan ketakutan.

Kekurangan:

Seseorang dengan cinta berlebihan pada seserorang akan merasakan hal-hal seperti:

  • Ketakutan irrasional bahwa ia akan meninggalkanmu,
  • Kecurigaan berlebih bahwa dia selingkuh,
  • Tidak dapat merelakan kenyataan jika harus kehilangan mereka,
  • Bersikap berlebihan sehingga mereka kurang nyaman,
  • Mengganggu waktu pekerjaan pasangan karena ingin terus bersama,

Hal di atas bisa saja terjadi jika terlalu mencintai seseorang secara berlebihan. Namun tentu saja pastinya orang memiliki sikap dan reaksi berbeda-beda terhadap berlebihnya itu. Pasangan mereka juga akan bersikap berbeda dalam menanggapinya.

Ada orang-orang yang suka pasangannya berlebihan, ada juga orang yang tidak suka merasakan pasangannya berlebihan. Coba pikirkan kembali, apakah kamu tipe yang berlebihan atau tidak?

Jika ya… apakah pasangan kamu tetap nyaman? Jika tidak, apakah hubugan kamu juga bisa nyaman saja? Hanya kamu dan pasanganmu yang bisa menjawab ini. Spesial untuk kamu yang merasa terganggu dengan sikap berlebihan tersebut dalam diri kamu, maka penulis akan meberi tips-tips untuk kamu.

Kita tidak mebahas soal benar atau salah dalam artikel ini, namun membahas dengan pemahaman secara objektif saja. Jadi, santai saja ya..

Menurut penulis, terlalu mencintai seseorang secara berlebihan itu seperti ini:

  1. Berharap terlalu tinggi pada orang yang dicintai baik dalam hal sikap, sifat, pengertian, perlakuan bahkan berharap terlalu tinggi untuk dimengerti.
  2. Bergantung apapun pada orang yang dicintai, sehingga tidak bisa melakukan hal sederhana sendiri.
  3. Menganggap bahwa pasangan adalah orang paling istimewa di muka bumi yang tidak memiliki kekurangan.
  4. Buta pada hal-hal negatif yang harus dibenahi oleh pasangan dan tidak mau memberikan pemahaman.
  5. Merasa tidak dapat hidup tanpa dia, sehingga muncul ketakutan berlebih untuk ditinggalkan.

Itulah alat ukur penulis dalam menilai apakah kita terlalu mencintai seseorang secara berlebihan. Kamu juga boleh memiliki standarmu sendiri, yang jelas itu menjadi alat ukur saja agar kita tidak terlalu berlebihan kepada seseorang.

Mau Curhat Soal Ini? Klik : Curhat Gratis

Cara Agar Tidak Terlalu Mencintai Seseorang Secara Berlebihan

Untuk kamu yang merasa sudah berlebihan, tenang saja ada solusi agar kamu bisa mengurangi kadar tersebut. Tips ini berguna agar kehidupan mu tidak terganggu dengan perasaan berlebihan itu. Beberapa cara yang cukup membantu adalah:

Tingkatkan Kehidupan Sosial

Bergaul, memiliki teman-teman baru dan lingungan yang positif akan membantu kamu tetap merasa hidup. Kehidupan sosial ini akan membantu kamu dalam mengelola rasa cinta kamu yang terlalu berlebih pada pasangan kamu.

Miliki Hobi agar Mengurangi Kadar Terlalu Mencintai Seseorang Secara Berlebihan

Hobi atau kesibukan yang kamu sukai adalah hal penting untuk kesehatan hubungan dengan pasangan. Pastikan hobi tersebut memang positif dan membantu kamu berkembang menjadi lebih baik.

Hobi akan sangat membantu memberikan distraksi pada rasa menginginkan untuk selalu bersama sehingga kualitas hubungan juga bisa tetap terjaga.

Nikmati Pekerjaan

Saat kamu terlalu mencintai seseorang biasanya kamu kurang bisa menikmati pekerjaan yang sedang kamu jalani. Kamu hanya terpikir tentang dia, dia, dan dia lagi. Wajar saja memang, tapi jika itu dibiarkan pastinya kualitas kerja kamu bisa juga menurun.

Terlalu Mencitai Seseorang Melalaikan Keluarga

Terlalu mencintai seseorang secara berlebihan juga biasanya membuat hubungan bersama keluarga merenggang. Temukan kembali kehangatan keluarga, sehingga kamu juga bisa memandang hal-hal dari sudut pandang lain yang belum kamu lihat sebelumnya.

Bagaimanapun, mereka adalah tempat bersandar pertama bagi kamu saat kamu merasa jatuh. Jadi pastikan hubungan kamu dengan keluarga juga tetap terjaga secara sehat.

Menambah Wawasan

Wawasan kamu saat kamu terlalu mencintai seseorang itu seperti kuda yang sedang memakai kacamatanya. Mereka hanya bisa melihat pasangan saja, padahal ada hal di luar sana yang menarik untuk dipelajari.

Hal-hal menarik tersebut seperti skill atau kemampuan baru dalam mengembangkan potensi diri, peluang usaha baru, atau bahkan teknologi baru.

Jadi, itulah pembahasan tentang Cara Agar Tidak Terlalu Mencintai Seseorang Secara Berlebihan, semoga tulisan ini membantu kamu dan memberi solusi.